POLRES KARAWANG

BAWASLU : Money Politic Sulit di Pidanakan

bawaslu  money politic sulit dipidanakan

Karawang : Anggota Bawaslu Jawa Barat, HM. Wasikin Marzuki mengatakan, jika praktek money politic dalam pilkada itu sulit untuk dipidanakan. Karena menurutnya, Undang-undang pemilu Nomor 28 Tahun 2015 sendiri tidak menyantumkan “pasal” sanksi tegas tentang money politic.

Dijelaskan Wasikin, Undang-undang pemilu terbaru ini hanya menyantumkan pasal 73, yaitu pasal larangan tentang praktek money politic. Sementara pasal sanksi tegasnya tidak pernah ada.”Di Undang-undang terbaru ini tidak ada pasal sanksi tegas money politic.

Yang ada hanya sanksi administrasi yang berujung kepada diskualifikasi pasangan calon. Sementara sanksi untuk pemberi dan penerima money politic tetap dikembalikan kepada Pidana Umum (Pidum),” katanya, Selasa (4/9).Menurutnya, money politic pilkada ini sulit untuk diseret ke pengadilan.

Terlebih ketika si pelapor tidak mau memberikan keterangan saksi di pengadilan dengan berbagai macam alasan. Alasan lainnya, pelaku money politic itu hanya bisa dijerat hukum pidana, ketika yang memberikan uangnya adalah pasangan calon (paslon) atau tim sukses (timses) yang terdaftar di KPU.“Tapi kalau yang memberikan uangnya simpatisan paslon, mau bagaimana coba.

Kan di Undang-undangnya hanya tercantum paslon dan timses,” terangnya, dalam kesempatan Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama dan Bimbingan Teknis Sentra Gakumdu, di Grand Pangestu Klari.Ditambahkan Wasikin, money politic itu bisa dipidanakan, jika saja para pelakunya tertangkap tangan langsung.

Namun lagi-lagi, dalam hal ini Panwas tidak memiliki kewenangan untuk melakukan tangkap tangan terhadap pelaku money politic.“Yang bisa tangkap tangan kan cuma KPK doang, kalau Panwas ya tidak bisa. Jangkan tangkap tangan, untuk melakukan panggilan paksa terhadap saksi money politic saja Panwas tidak berhak.

Dan harus kita akui jika produk Undang-undang pemilu terbaru ini lemah dalam hal sanksi money politic,” pungkasnya.(Humas polres karawang)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLRES KARAWANG 2021