POLRES KARAWANG

Guna Cegah Keberadaan Kelompok Radikal Polres Karawang Lakukan Penyuluhan

SAT BINMAS – Dalam mengaplikasi program prioritas Kapolri ( P2K ) Quick win tentang penanggulangan terorisme, Kepolisian Resor Karawang bekerja sama dengan Dinas Kementrian Agama Kabupaten Karawang, telah menerbitkan buku bahan penyuluhan tentang Deradikalisasi, Kamis ( 23 Juni2016 ).

Sebelum buku panduan tersebut dicetak, terlebih dahulu telah dilakukan pengkajian dan penelitian secara seksama dengan melibatkan beberapa Dinas Instansi Pemerintah terkait, hal tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi dan visi misi yang hendak dituju.

Setelah mendapatkan persetujuan dari semua instansi yang terkait barulah buku panduan tersebut dicetak dan selanjutnya dibagikan kepada para Bhabinkamtibmas serta kepada para penyuluh seluruh Agama yang ada di Kabupaten Karawang untuk selanjutnya isi buku tersebut dijadikan bahan ceramah atau penyuluhan kepada para Jamaah maupun Masyarakat.

Dalam keterangannya Kasat Binmas Polres Karawang Ajun Komisaris Polisi A. Margani SH MH menjelaskan bahwa buku panduan tersebut dibuat dengan tujuan untuk mempermudah bagi para Penyuluh Agama serta anggota Bhabinkamtibmas dalam memberikan penyuluhan kepada para Jamaahnya atau kepada Masyarakat.

Dengan materi yang cukup sederhana tersebut diharapkan mudah untuk dimengerti dan dipahami baik oleh para Penyuluh Agama maupun oleh Anggota Bhabinkamtibmas sendiri, serta oleh para Jamaah dan masyarakat selaku pihak auden, ujar Kasat.

Penyuluhan tentang Deradikalisasi tersebut ditujukan kepada kelompok-kelompok masyarakat terutama yang diwilayahnya pernah bertempat tinggal atau disinggahi sementara oleh para pelaku yang diduga sebagai kelompok Radikal sesuai dengan hasil mapping yang dilakukan oleh pihak Inteligen.

Dengan dilakukannya penyuluhan tentang deradikalisasi tersebut, diharapkan masyarakat dapat mengerti dan memahami adanya kelompok-kelompok radikal yang perlu di waspadai kegiatannya, sehingga masyarakat tidak mudah terprovokasi dan selanjutnya ikut bergabung dengan kelompok-kelompok tersebut namun diharapkan sebaliknya Masyarakat akan dengan segera memberikan informasi kepada pihak instansi terkait bila ditemukan adanya kelompok-kelompok radikal yang ada disekitar lingkungan tempat tinggalnya.

[ Humas Polres Karawang ].

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLRES KARAWANG 2021