google-site-verification: googleb33d40e39d01e567.html

Kapolres Hadiri Peringatan Peristiwa Tragedi Rawagede Ke-71

Polres Karawang – Dalam rangka memperingati Peristiwa Tragedi Rawagede pembantaian tindakan Militer Belanda di Rawagede ke 71, Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya S.H., S.I.K kunjungi Monumen Rawagede, Selasa (11/12/2018).

Monumen Rawagede adalah wisata di Karawang yang berada di tepi jalan paling Utara Desa Rawagede, Kecamatan Rawamerta atau berjarak sekitar 10 km dari Pusat Kota Karawang. Monumen Rawagede adalah kenangan sebuah peristiwa yang menjadi pembantaian dari 431 rakyat sipil Karawang oleh Tentara Pemerintahan Kolonial Belanda pada tahun 9 Desember 1947.

Monumen Rawagede dibangun pada bulan November 1995. Setelah itu diresmikan pada tanggal 12 Juli 1996. Areal dari bangunan bersejarah ini berada dekat dengan berbagai perkebunan dan persawahan penduduk yang ada di pinggaran Timur perkampungan. Monumen ini hanya dibatasi dengan pagar seingga sangat mudah ditemukan.

Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya S.H, S.I.K yang datang mewakili Bapak Kapolda Jawa Barat kunjungi monumen Rawagede bersama dengan perwakilan dari Kodam III/Siliwangi Kolonel Wawan Hermawan, Tokoh masyarakat dan Unsur Forkopimda Kab.Karawang serta Muspika Kecamatan Rawamerta. Giat ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Rawagede Sukarman, Ex.BKR/TKR Jakarta, KKUB, Veteran RI, Para Prjuang Ex.BKR/TKR dan Janda Saksi Hidup.

Kapolres mengatakan, Mari kita memanjatkan doa kepada Allah SWT agar mereka diberikan tempat yang layak disisi-Nya, dan kita semua diberikan kekuatan lahir dan batin sehingga kita mampu memelihara dan mempertahankan negara tercinta ini yang berdasarkan kepada cita-cita Prolkamasi 17 Agustus 1945.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *