google-site-verification: googleb33d40e39d01e567.html

Kunjungan Gubernur Jawa Barat Kelokasi Tumpahan Minyak Pertamina Diperairan Karawang

POLRES KARAWANG – Peristiwa  Bocornya minyak mentah diperairan Karawang, membutuhkan beberapa tindakan cepat guna meminimalisir dampak buruk dari peristiwa tersebut, salah satunya yang telah dan masih dilakukan pihak terakit hingga hari ini Rabu (07/08/2019).

Diantaranya melakukan penjagaan dan pengamanan di TKP agar tetap steril dan tidak ada nelayan yang masuk ke areal lokasi kejadian dalam radius 2 mile, hal tersebut dilakukan oleh kapal kapal patroli dari Dit Polair Polda Jabar, Sat Polair Polres Karawang beserta pertamina ONWJ dan  TNI-AL.

Lakukan pembersihan dan pengambilan limbah yang berasal dari gelembung gelembung lumpur bercampur minyak dan gas (Oilfill) yang dilakukan oleh kapal Pertamina di lokasi kejadian, sementara di luar lokasi kejadian ( sepanjang perairan kab Karawang ) dilaksanakan oleh perahu perahu nelayan setempat yang dipekerjakan oleh Pertamina PHE ONWJ.

Untuk Penanggulangan terhadap kebocoran yang terjadi, telah dan sedang dilakukan oleh pertamina hingga saat ini, adapun upaya yang dilakukan didarat (sepanjang muara dan pesisir pantai Kab. Karawang)

Wilayah muara yang terdampak limbah telah dipekerjakan masyarakat sekitar oleh Pertamina PHE ONWJ untuk melakukan pekerjaan pembersihan limbah dengan dibantu POLRI (Polair, Polsek setempat dan Polres Karawang) dan TNI (Koramil, Kodim, Yon312 Subang dan Kopaska).

Telah dibuatkan posko bersama (PHE ONWJ, TNI dan POLRI) di 3 muara yang terdampak limbah, telah dan sedang dilakukan pemasangan Oilbom (Penahan limbah) disetiap muara sepanjang perairan Kab. Karawang.

Sementara itu Personil Sat Polair terus lakukan himbauan dan sosialisasi pada masyarakat pesisir pantai baik yang terdampak maupun yang belum  dilaksanakan oleh Polair, Polsek setempat dan Pertamina PHE ONWJ (sampai sekarang kegiatan masih di laksanakan).

Hari ini Gubernur Jawa barat H. Mochamad Ridwan Kamil, S.T., M.U.D. dan Bupati Karawang dr. Cellica Nurachadiana beserta rombongan kelokasi dampak limbah Desa Cemara Jaya Kec Cibuaya, dengan melihat secara langsung penanganan limbah dan menampung aspirasi masyarakat dan nelayan setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *