POLRES KARAWANG

Mentri Luar Negri Belanda dan Dubes Belanda untuk Indonesia Lakukan Kunjungan ke Munumen Rawa Gede Karawang

Polsek Rawamerta : Pada hari Jumat tanggal 25 Maret 2016 Pukul 11.00 wib s/d 13.00 wib di Tugu Monumen Rawagede Dusun Rawagede II Rt. 11/04 Desa  Balongsari Kecamatan  Rawamerta Kabupaten  Karawang telah berlangsung kunjungan kerja Menteri Luar Negeri Belanda BERT KOUNDERS dan Duta Besar Belanda untuk Indonesia ROB SWANT BOR. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau makam para korban pembantaian penjajah Belanda dan  meninjau pasar bantuan  hibah dari belanda.

MONUMEN RAWAGEDE adalah sebuah Taman Makam Pahlawan para pejuang khususnya yang tewas akibat pembantaian Massal oleh Tentara Belanda di Rawa Gede. Monumen Rawagede didirikan untuk mengenang Pembantaian Masal yang menewaskan + 431 orang warga sipil pada tahun 1947 oleh Tentara Belanda. Monumen Rawagede terletak di Desa Balongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat berdiri  sejak 1996 . Monumen Rawagede merupakan salah satu  saksi bisu dari sejarah betapa sadis dan kejinya penjajah Belanda pada saat itu, dengan tanpa ampun dan berprikemanusiaan mereka membantai habis setiap warga yang terlihat dan tidak mau memberikan informasi kepada mereka. Oleh sebab itu  Monumen Rawa Gede adalah salah satu bukti perjuangan Bangsa Indonesia khususnya Warga Karawang untuk melawan penjajah Belanda saat itu.

Dalam kunjungan tersebut Mentri Luar Negri dan Duta Besar Belanda menyempatkan diri untuk bertemu dan berbincang-bincang dengan warga Masyarakat Rawa gede Khususnya dengan para Janda-janda pejuang Rawagede yang saat ini masih hidup serta dalam kesempatan tersebut Mentri dan Dubes Belanda juga meminta maaf atas pembantaian warga sipil oleh Tentara Belanda saat itu. Guna mengantisipasi kegiatan kunjungan tersebut telah dilakukan Pengamanan dari Polsek Rawa Merta dan satu Pleton Dalmas Polres Karawang yang dipimpin oleh Kapolsek Rawamerta AKP Sumaryana SH. Hingga kunjungan selesai situasi berjalan tertib lancar dan kondusif. ( Humas ).

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLRES KARAWANG 2021