google-site-verification: googleb33d40e39d01e567.html

Tangkal Paham Radikal, Sat Binmas Polres Karawang Lakukan Penyuluhan di Sekolah

Polres Karawang – Kasat Binmas AKP Marsono memberikan Pembinaan mengenai Penanggulangan Paham Radikalisme dengan meningkatkan kesadaran dan partisipasi dalam rangka Cipta Kondisi jelang Natal dan Tahun Baru 2020 kepada pelajar di dua sekolah yaitu di SMAN 5 Karawang dan SMKN 1 Karawang, Kamis (7/11/2019). “Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada pelajar sekolah agar mengerti apa itu paham radikalisme sehingga diharapkan para siswa dapat mengantisipasi secara dini penyebaran isu radikal yang banyak disebarkan melalui media sosial,” kata Kasat Binmas. “Usia remaja itu kan ingin pengetahuan tinggi kalau mereka dapat pemahaman yang salah mereka gampang terpengaruh dan itu bisa terjadi. Makanya kami lakukan antisipasi sejak dini,” lanjutnya.

Selain penyuluhan tentang paham radikalisme juga diberikan penyuluhan tentang bahaya Narkoba dan kenakalan remaja yang sudah merambah ke berbagai daerah, karena segala jenis dan bentuk obat – obatan yang mengandung Narkoba dapat menghancurkan negara dengan sasaran masyarakat awam maupun generasi penerus bangsa khususnya pelajar dan mahasiswa yang masih mudah dipengaruhi. Oleh sebab itu diperlukan peran aktif para guru dan siswa agar selalu waspada terhadap bahaya Narkoba dan menjauhinya.

Dihadapan siswa peserta penyuluhan, Kasat Binmas menyampaikan, bahwa untuk menangkal radikalisme perlu adanya pemahaman yang mendalam terhadap 4 (empat) Pilar wawasan kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI serta menjunjung tinggi nilai – nilai luhur seperti toleransi antar umat beragama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *