POLRES KARAWANG

TK Q AL IJTIHADIYYAH KENALKAN PENGETAHUAN TERTIB BERLALULINTAS SECARA LANGSUNG DI POLRES KARAWANG

SATUAN LAULINTAS – Guna memperkenalkan cara tertib saat berlalu lintas di jalan raya tentunya perlu diberikan pemahanan dan pengetahuan sejak usia dini. Seperti mengenalkan rambu-rambu lalu lintas, dan cara berkendara yang tertib dan juga aman untuk keselamatan saat berkendara.

Untuk itu penyampaian materi pun tidak hanya dilakukan kepada orang dewasa saja. Tapi harus juga diberikan kepada anak sejak dini, seperti yang dilakukan oleh petugas Dikyasa Satlantas Polres Karawang terhadap anak-anak TK Q AL IJTIHADIYYAH Desa Cibalongsari Kecamatan Klari Kabupaten Karawang saat berkunjung di Polres Karawang. Kamis (27/01/2017).

Dengan cara mengajak bermain dan bernyanyi bersama disertai dengan jalan bebaris rapih, terlihat si anak lebih mudah mengenal dan menghafal satu persatu rambu-rambu lalu lintas yang diperagakan oleh anggota.

Kasat Lantas Polres Karawang AKP Rendy Setiya Permana, melalui Kanit Dikyasa Satlantas Polres Karawang IPDA Andriyan mengatakan, anggotanya selalu aktif untuk melakukan pengenalan berlalu lintas pada anak-anak. Selain untuk memberikan pemahaman tentang berlalu lintas, hal itu juga dilakukan agar anak-anak tidak takut pada sosok Polisi.

”Kegiatan polisi sahabat anak atau Polsanak ini kami lakukan secara rutin. Selain kami sendiri yang mengunjungi mereka, ada juga dari mereka yang datang ke Mapolres untuk mengenal lebih dekat. Jadi mereka tidak takut lagi dengan polisi,” kata Andrianto kepada Humas Polres Karawang.

Dikatakan Andrianto, selain para Guru-gurunya yang sudah memberikan pengetahuan tentang berlalu lintas di sekolah, mereka juga mau memberikan pengalaman pada anak untuk mengenal secara langsung dengan cara mendatangi Mapolres Karawang.

”Dengan begitu, anak-anak tidak takut pada sosok polisi seperti kami ini. Sehingga bisa tertanam menjadi sahabat atau Polisi sahabat Anak, karena Polisi bukan sosok yang perlu ditakuti,” katanya.

Secara detail Andrianto menjelaskan, bagi siapapun yang menggunakan kendaraan seperti menhendarai sepeda motor tentunya harus menggunakan helm sebagai alat keselmatan.

“Hal yang dianggap mudah seperti helm ini sangatlah penting bagi keselamatan dan wajib dipakai saat berkendara, ”

Selain itu pengetahuan tentang Zebra Cros yang merupakan garis untuk penyebrangan bagi pejalan kaki juga dijelaskan kepada anak anak, itulah pentingnya pengetahuan Lalulintas di usia dini harus selalu diberikan agar mereka paham dan tau tata cara berkendara maupun saat akan menyebrang dengan jalan kaki dijalan raya.

“Semoga pengetahuan tentang Lalintas yang kami berikan ini bisa selalu di ingat oleh mereka sampai pada saat mereka dewasa nanti. Karena sebelum usia 17 tahun siapapun tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan apalagi tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) ” jelasnya, ”

(Samin ss).

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLRES KARAWANG 2021