Festival Seni Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Piala Kapolda Jabar

Festival Seni Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Piala Kapolda Jabar

IMG-20230628-WA0038

Dok.Foto/Humas Polres Karawang

Karawang, Jabar –  Telah berlangsung Rangkaian kegiatan Festival Seni Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Piala Kapolda Jabar Tahun 2023, Selasa tanggal 27 Juni 2023 pukul 07.00 WIB bertempat di Gedung Dakwah Islamiyah Jl. Mesjid Agung No.6, Tawangsari, Kec. Tawang, Kota. Tasikmalaya.

Festival Seni Nadhom Alfiyah Ibnu Malik Piala Kapolda Jabar Tahun 2023 tersebut diikuti oleh 23 Peserta kelompok Putra dan 24 kelompok Putri perwakilan Kab/Kota se Wilkum Polda Jabar.

Hadir dalam kegiatan Festival Seni Nadhom Alfiyah Ibnu Malik :Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, S.I.K., M.Si., M.M. (Kapolda Jabar). Kombes Pol. Asep Nalaludin, S.I.K., M.Si (Dir Intelkam Polda Jabar). Kombes Pol. Wahyu Wimhardjanto, S.H., S.I.K., M.Hum., (Kabidkum Polda Jabar). Kombes Pol. dr. Adang Azhar, Sp.F., DFM (Kabid Dokkes Polda Jabar). Kombes. Pol. Ibrahim Tompo, S.I.K., M.Si (Kabid Humas Polda Jabar)

Turut hadir juga AKBP SY Zainal Abidin, S.I.K (Kapolres Tasikmalaya Kota). AKBP Suhardi Hery H, S.IK., M.M. (Kapolres Tasikmalaya Kab).Para Kasat Intelkam/Perwakilan Polres/Ta/Tabes. Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jabar
Kabid Pontren Kemenag Wilayah Jabar.
Perwakilan Tokoh agama/Pontren se Kota Tasikmalaya dan Perwakilan unsur FKPD Kota Tasikmalaya.

Kegiatan yang diselenggarakan dalam festival ini adalah pertunjukan atraktif seni nazham kitab popular, yakmi kitab Alfiyah Ibnu Malik dengan menggunakan syair/lagu/langgam/bahar (notasi) dan dimodifikasi dengan alat musik tradisional.

” Kegiatan ini digelar Untuk memotivasi dan meningkatkan kemampuan santri dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber dari kitab kuning sebagai bagian dari proses kaderisasi ulama dan tokoh masyarakat di masa depan. Ungkapnya.

” Dan Untuk menjalin silaturahim antar pondok pesantren seluruh Kabupaten/Kota di provinsi Jawa Barat, dalam rangka terwujudnya persatuan dan kesatuan nasional.

Serta untuk meningkatkan peran pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam dalam mencetak kader ulama dan tokoh masyarakat di masa depan. ungkap Sdr. Wildan Taufik  selaku Bidang Pontren Kanwil Kemenag Jabar.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 1 (satu) hari tanggal 27 Juni Tahun 2023 di gelar di Gedung Dakwah Islamiyah Kota Tasikmalaya.

Dengan Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak : 231 santri, (53 Pesantren) utusan Polres Kabupaten/Kota se Jawa Barat,  akan memperebutkan hadiah berupa Piala dan uang pembinaan: Juara 1 = 15 Juta Rupiah, Juara II= 13 juta,-, Juara III= 10 juta, Harapan I= 5 Juta, Harapan II= 3 Juta dan Harapan III= 2 Juta Rupia.

Sementara Tim Kepanitiaan ini adalah kolaborasi atau Kerjasama antara panitia provinsi dari unsur Polda Jawa Barat dan Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat beserta panitia lokal yaitu Polres Tasikmalaya dan Kantor Kemenag Kota Tasikmalaya.

Acara selanjutnya adalah sambutan dari K.H. DR Badruzaman M Yunus selaku Plh Ketua MUI Jabar, yang menyampaikan bahwa Festival Seni Nadhom Alfiyah Ibnu Malik ini adalah kegiatan yang sangat luar biasa, karena pada umumnya kegiatan keagamaan diselenggarakan oleh lembaga/dinas Keagaaman tetapi pada saat ini bisa diselenggarakan oleh pihak Kepolisian yaitu Polda Jabar. Tandasnya.

Dimana MUI sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini, karena santriawan/santriawati yang bisa membaca dan menghafal Nadhom Alfiyah menjadi kunci untuk memahami ilmu nahwu sorof kitab kuning yang dapat berkontribusi positif untuk kemajuan jawa barat umumnya bagi bangsa dan negara.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda Jabar mengucapkan selamat datang dan terima kasih, atas kehadiran para peserta lomba Seni Nadzhom Alfiah Ibnu Malik Piala Kapolda Jawa Barat tahun 2023.

Yang telah bersedia untuk berpartisipasi dan memeriahkan acara ini dalam rangka hut bhayangkara ke–77 tahun 2023.

Hal ini merupakan salah satu langkah kepolisian, dalam upaya memelihara serta meningkatkan hubungan silaturahmi, guna terciptanya hubungan harmonis dan sinergis, dengan seluruh lapisan masyarakat.

Selanjutnya, Bapak Kapolda Jabar didampingi Plh Ketua MUI Jabar dan Plh Kakanwil Kemenag Jabar di Tasikmalaya membuka Festival Seni Nadhom Alfiyah Ibnu Malik.

Dalam kegiatan ini perwakilan Polres Karawang meraih juara Harapan III  No Peserta 10 Ponpes Raudhatul Irfan Riyadhul Jannah Miftahul Khoirot (Polres Karawang) bobot Nilai 236.