Kapolres Karawang Hadiri Nadran Laut Bersama Para Nelayan DiCiparagejaya

Kapolres Karawang Hadiri Nadran Laut Bersama Para Nelayan DiCiparagejaya

IMG-20230924-WA0143

Dok.Foto/Humas Polres Karawang

Polres Karawang, Polda Jabar – Kepala Kepolisian Resor Karawamg AKBP Wirdhanto Hadicaksono hadiri Nadran Laut/ pesta laut KPPL Samudra Mulya Ciparagejaya. Minggu (24/9/2023).

Nadran adalah upacara adat para nelayan pesisir pantai utara Jawa, termasuk Ciparagejaya Kecamatan Tempuran kabupaten Karawang sebagai wujud rasa syukur atas rezeki hasil tangkapan laut.

Turut hadir Bupati Karawang yang diwakili Setda. Dandim 0604 Karawang. Ketua DPRD Kab. Karawang. Kajari Karawang yang diwakili oleh kasi. Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Kab. Karawang. PJU Polres Karawang. Kasatpol Airud Polres Karawang serta Camat Tempuran.Kapolsek Tempuran. Danramil Rawamerta serta Kepala Desa Ciparagejaya sekaligus Ketua KPPL Samudra Mulya Ciparagejaya.
Dan Para pengurus KPPL Samudra Mulya Desa Ciparagejaya

Adapun digelarnya kegiatan ini adalah melestarikan budaya leluhur kami yang sudah turun temurun, bukti rasa syukur diberikan hasil yang melimpah dan kesehatan serta keselamatan warga dan para nelayan.

Kapolres Karawang mengungkapkan bahwa Nadran Laut merupakan acara tahunan dimana dilakukan pesta laut atau Nadran Laut, sehingga kegiatan ini harus bisa dilestarikan terus, ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Karawang juga menerjunkan personil melalui Kapolsek Tempuran AKP Rigel Suhakso SH untuk dilakukan pengamanan dilokasi acara.

Ditempat terpisah, Kapolsek Tempuran AKP Rigel Suhakso melibatkan anggota TNI dan unsur lain dalam melakukan pengamanan.

Terpantau, antusias masyarakat mengikuti acara Nadran Laut sangat meriah, bersama sama dengan semangat gotong royong masyarakat terus berupaya agar tradisi ini tetap lestari.

Dalam prosesi acara tersebut tampak puluhan kapal nelayan dan ratusan masyarakat berkumpul dan bersiap di TPI Desa Ciparagejaya.

Seluruh kapal yang telah dihias dan dibermuatan sesaji menyusuri laut Ciparejaya untuk kemudian dilarungkan ketengah laut oleh warga, hingga acara Nadran laut berjalan lancar dan aman.