Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.”

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.”

IMG-20231001-WA0164

Dok.Foto/Humas Polres Karawang

Polres Karawang, Polda Jabar – Pemerintah Kab Karawang menggelar Upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.” Dihalaman Pemda Karawang. Minggu (1/10/2023).

Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Karawang dr Cellica N selaku Inspektur upacara dan dihadiri Segenap forkopimda, dan diikuti personil gabungan TNI- Polri, dan unsur terkait lainnya.

Tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila mengangkat tema Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju.

Upacara ini dilaksanakan untuk mengenang peristiwa yang hampir mengancam keberadaan ideologi Pancasila pada peristiwa G30S/PKI.

Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono yang hadir dalam momen tersebut mengungkapkan bahwa Kesaktian Pancasila adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia, yang diperingati untuk mengenang peristiwa tragis G30S/PKI pada tahun 1965 yang menguji teguhnya Pancasila sebagai dasar negara. Ungkapnya.

Dikatakan Tema tahun ini, “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju,” menjadi landasan yang kuat untuk menyatukan berbagai elemen masyarakat dalam semangat persatuan dan kemajuan bangsa.

Selain itu, dengan Upacara ini juga menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan semua instansi dan elemen masyarakat, dimana bersama sama merayakan Hari Kesaktian Pancasila, ini adalah cerminan semangat kebersamaan yang harus tetap dijaga dalam berbangsa dan bernegara.

Dalam Pelaksanaan Upacara tersebut dilakukan doa bersama  untuk mendoakan kemajuan bangsa dan negara Indonesia dan dimana semua berharap, Semoga semangat hari ini terus berkobar dalam hati setiap warga Indonesia, demi membawa indonesia yang maju dan sejahtera.