Kapolres Karawang Hadiri Apel Siaga Masa Tenang, Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024

Kapolres Karawang Hadiri Apel Siaga Masa Tenang, Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024

WhatsApp Image 2024-02-13 at 09.53.07

Dok.Foto/Humas Polres Karawang

Polres Karawang, Polda Jabar – Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono menghadiri Apel Siaga Masa Tenang, Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024,  Bersama Seluruh Jajaran Pengawas Hingga Tingkat Desa Se-Kabupaten Karawang. Selasa (13/2/2024).

Pelaksanaan apel dilaksanakan diLapangan Karangpawitan Kab Karawang dengan pimpinan apel Bupati Karawang H. Aep S. yang juga diikuti Dandim 0604 Karawang dan instansi terkait lainnya sekaligus  seluruh jajaran pengawas Pemilu.

Kegiatan apel ini dilaksanakan dalam rangka optimalisasi pengawasan tahapan masa tenang Pemilu 2024.

Semua berharap Apel Siaga dalam rangka pengawasan masa tenang penyelenggaraan Pemilu secara utuh dan dapat berlangsung secara Luber dan Jurdil serta terlaksana sesuai regulasi yang berlaku.

Diketahui memasuki masa tenang kampanye merupakan masa tidak melakukan kegiatan yang mengarah pada aktifitas kampanye di masa tenang dengan menamakan kegiatan sosialisasi, silaturahmi, pentas seni, kegiatan keagamaan, dan sebagainya pada masa tenang sebagaimana diatur dalam lampiran PKPU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum yaitu Minggu 11 Februari – Selasa 13 Februari 2024.

Selama masa tenang juga pelaksana, peserta, serta tim kampanye pemilu Presiden dan Wakil Presiden dilarang menjanjikan atau memberikan imbalan kepada pemilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya, memilih pasangan calon, memilih Partai Politik tertentu, memilih calon anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten Kota tertentu, serta memilih calon anggota DPD tertentu.

Serta larangan pada saat masa tenang media massa cetak, media massa daring, media sosial, dan lembaga penyiaran selama masa tenang dilarang menyiarkan berita, iklan, rekam jejak peserta pemilu, atau bentuk lainnya yang mengarah pada kepentingan kampanye pemilu yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu dan pengumuman hasil survei jajak pendapat tentang pemilu dilarang dilakukan pada masa tenang.

Terpisah,kapolres Karawang menegaskan pihaknya akan terus bersinergi dengan instansi terkait dalam memberikan keamanan agar proses demokrasi ini berjalan dengan damai dan kondusif, tandasnya.