POLRES KARAWANG

Cegah Aksi Kejahatan, Polres Karawang lakukan operasi Premanisme

POLRES KARAWANG – Untuk menekan angka kriminalitas yang terjadi diwilayah kabutaten Karawang, jajaran Polres Karawang menggelar operasi pembrantasan anti premanisme secara serentak dan berhasil menangkap puluhan orang pria yang diduga sebagai preman di sejumlah lokasi dan tempat berbeda diwilayah Kabupaten Karawang, Selasa (31/01/2017).

Kapolres Karawang AKBP Andi Herindra mengatakan, operasi pemberantasan premanisme sengaja dilakukan untuk menekan angka tindak kriminalitas dan gangguan kamtibmas lainnya yang ada di wilayah hukum Polres Karawang.

Mereka yang tertangkap oleh anggota  langsung diamankan ke Mako Polres Karawamg dan sebagian ada juga yang dibawa ke Masing-masing polsek. Kemudian mereka didata satu persatu identitasnya.

Puluhan preman ditangkap oleh petugas saat mereka berada sejumlah lokasi yang menjadi tempat tongkrongannya. Seperti Kawasan Industri, Komplek Perumahan, perempatan lampu merah dan terminal serta pertokoan.

Mereka mengaku bekerja sebagai kuli bongkar barang di sekitar Kawasan Industri KIIC, Kawasn Suryacipta, proyek perumahan dengan cara meminta uang imbalan bongkar muat secara paksa kepada para sopir dengan jumlah yang tidak wajar yang membuat warga menjadi resah.

Hingga saat ini kondisi wilayah hukum Polres Karawang sendiri masih terbilang aman dan kondusif. Meskipun demikian, pihak Polres Karawang dan jajaran terus melakukan berbagai kegiatan salah satunya adalah menggelar operasi pembrantasan premanisme untuk mengantisipasi ruang gerak dari para pelaku kejahatan.

Selain bekerja sebagai kuli bongkar muat di sejumlah kawasan industri dan proyek perumahan, sejumlah preman lainnya berprofesi sebagai pengamen, tukang parkir liar dan para calo angkutan umum.

“Mereka yang kami amankan langsung diberi pembinaan dan membuat surat pernyataan agar mereka tidak mengulangi perbuatan yang sama dan mereka kembali kami serahkan pada keluarganya, ” jelasnya.

Adapun data hasil oprasi preman tersebut pihak Polres Karawang berhasil mengamankan sebanyak 15 orang pria yang diduga sebagai preman, Polsek Ciampel mengamankan 8 orang preman,
Polsek Teluk Jambe Timur 3 orang, Polsek Cikampek 14 orang, Polsek Cibuaya 4 orang, Polsek Telukjambe Barat 4 orang, Polsek Pangkalan 5 orang, Polsek Pakis Jaya 3 orang, Polsek Purwasari 10 orang, Polsek Kotabaru 5 orang, Polsek Telagasari 5 orang, Polsek Cilamaya 4 orang, Polsek Karawang kota 15 orang, Polsek Rengasdengklok 8 orang, Polsek Batujaya 2 orang, dan Polsek Rawamerta 6.

(jha/Samin ss).

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLRES KARAWANG 2021