POLRES KARAWANG

Himbauan Kapolres Karawang Terhadap Para Pemudik

POLRES KARAWANG – Pada hari Kamis tanggal 30 Juni 2016 selesai pelaksanaan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan lebaran 2016 Kapolres Karawang telah mengadakan konferensi pers bersama wartawan media cetak maupun media elektronik.

Dalam keterangannya Kapolres menjelskan bahwa Polres Karawang dan Polsek Jajaran saat ini sudah siap untuk menyambut para pemudik yang hendak melintas Karawang menuju wilayah Jawa Tengah maupun Jawa Timur dan sebagian wilayah Jawa Barat.

Kapolres menghimbau kepada para pemudik agar mengikuti rambu-rambu dan petunjuk yang sudah disediakan oleh pihak Kepolisian maupun Dinas perhubungan, jangan mengandalkan aplikasi Waze atau aplikasi android yang hanya menunjukan arah jalan saja namun tidak mengetahui kondisi jalan sehingga pemudik bisa tersesat.

Karawang memiliki tiga jalur lalulintas yaitu jalur Tol Jakarta cikampek 31 km, Jalur Utama atau jalur tengah 41 km dan jalur alternatif sepanjang 49 m.

Polres Karawang telah mengerahkan anggota sebanyak 2.433 personil terdiri dari personil Polres sebanyak 1253, Bko dari satuan atas 365 personil ( Brimob Polda, Brimob Mabes, Sabhara Polda dan Lantas Mabes Polri), instansi samping 595 personil dari Kodim, Dishub, Tenaga medis, Satpol PP dan 220 personil dari potensi masyarakat antara lain Pramuka, Orari dan Ormas.

Pemudik jangan mengandalkan pengisian bbm di spbu walaupun di jalur tol maupun jalur utama telah tersedia spbu hal tersebut untuk menghindari terjadinya antrian panjang yang mengakibatkan  kemacetan.

Dijalur mudik telah disipakan rest area antara lain Rest Area Polres Karawang, Polsek Telagasari, Polsek Lemah Abang, Polsek Klari, Polsek Cikampek dan Polsek Jatisari.

Pemudik hendaknya berhati-hati ketika memasuki wilayah Karawang khususnya bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor mengingat jalur alternatif mulai dari tanjungpura sampai dengan Gamon terdpat beberapa titik penyempitan jalan dan terdapat beberapa titik pasar tumpah.

Polres Karawang juga sudah menyiapkan 1 Pos terpadu, 2 pos pelayanan, 35 pos pengamanan dan 94 pos pengaturan dijalur mudik sedangkan di jalur arus balik terdapat 1 pos terpadu, 1 pos pelayanan, 34 pos pengamanan dan 94 pos pengaturan, setiap pos sudah siap anggota Polisi maupun personil dari instansi lain selama 1×24 jam.

Untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan telah tersedia beberapa fasilitas kesehatan puskesmas antara lain jalur utama Puskesmas Kecamatan Karawang,Kecamatan Klari,Purwasari, Cikampek dan puskesmas Jatisari.

Untuk jalur alternatif tersedia fasilitas kesehatan di puskesmas Curug,Plawad, Majalaya, Telagasari, Lemahabang, Bayur Lor, Gempol dan Cicinde, sedangkan untuk Rumah sakit yaitu RSUD, Rs Islam, Rs Karya Husda, Rs. Saraswati, Rs Puri Asih dan Rs Central Medika.

Humas Polres Karawang.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLRES KARAWANG 2021