POLRES KARAWANG

Polres Karawang Amankan Acara Puncak Pesta Laut Warga Nelayan Ciparage

SAT POL AIR – Masyarakat nelayan Desa Ciparage, Kecamatan Tempuran dengan penuh suka cita, selama tujuh hari tujuh malam mulai tanggal 7 kemarin sampai dengan tanggal 13 Oktober 2016 yang akan datang, disibukan dalam acara hajatan akbar yaitu pesta laut atau Nadran laut.

Maka tidak heran jika pemandangan berbeda dapat ditemui di sekitaran Muara dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ciparage, dengan banyaknya umbul-umbul, panggung dan yang lebih menarik lagi adalah puluhan perahu yang di hias sedemikian rupa dengan aneka ragam ornamen berwarna-warni.

Pesta laut yang diadakan satu tahun sekali ini, merupakan perwujudan dari rasa syukur nelayan Ciparage atas berkah yang mereka dapatkan selama ini. Acaranya sendiri, diawali dengan pengajian pada hari Jumat  (07/10/16), kemudian acara Sunatan, nikah massal dan santunan terhadap anak yatim, hiburan Wayang kulit Dalang Udama dari Subang, Pesta kembang api selama satu jam dan panjat pinang pada hari Sabtu (08/10/16).

Puncak acara dilaksanakan pada hari Minggu (09/10/2016) dengan acara melarung sesaji berupa Kepala Kerbau ketengah laut. Hadir dalam puncak acara tersebut antara lain Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, Komandan Kodim 0604 Karawang Letkol Arm Ayi Yosa, Dan Lanal Cirebon Letkol Laut Tarus Rostiadi, Kapolres Karawang yang di wakili Kompol Jajang Masria, Kapolsek Tempuran Akp Idamanci dan Kasat Pol Air Polres Karawang Akp Julkifli Sitorus serta tamu undangan lainnya.

Puncak acara yang disakralkan oleh masyarakat nelayan Ciparage, yaitu dilaksanakanya acara ritual utama berupa melarung sesaji kepala kerbau ketengah laut yang diringi puluhan perahu-perahu nelayan termasuk Rombongan Bupati dan Komandan Kodim 0604 Karawang dengan menumpang Kapal milik Sat Pol Air Polres Karawang, menjadi daya tarik bagi para nelayan dan warga Ciparage untuk memadati seputaran TPI, ditambah dengan kehadiran puluhan pengunjung dari luar yang juga ingin menyaksikan rangkain ritual dalam pesta laut ini.

Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas selama acara puncak berlangsung, Kepolisian Resor Karawang menurunkankan 100 personil gabungan Satuan Fungsi yang ditempatkan disetiap sudut dilokasi yang dianggap rawan.

( Humas ).

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLRES KARAWANG 2021