POLRES KARAWANG

Polres Karawang Bantu Evakuasi Warga Yang Terendam Banjir

POLRES KARAWANG –  Intensitas curah hujan yang cukup tinggi sejak hari Jumat hingga hari Minggu telah mengakibatkan ribuan rumah warga di beberapa wilayah Kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang terendam Banjir. Senin ( 14/11/2016).

Curah hujan yang cukup tinggi tersebut mengakibatkan meluapnya Sungai Citarum yang membentang mulai dari wilayah Kecamatan Ciampel serta Sungai Cibeet yang membentang dari wilayah Kecamatan Telukjambe Barat hingga kedua sungai tersebut bertemu di wilayah Kecamatan Karawang Barat tepatnya di wilayah Kelurahan Tanjung Pura. Sehingga beberapa rumah penduduk yang ada disekitar bantaran kedua sungai tersebut terndam banjir.

Banjir di wilayah Kabupaten Karawang dimulai sejak Jumat malam (11/11/2016 ) hingga Senin ( 14/11/2016). Berdasarkan data sementara banjir telah menggenangi beberapa perumahan penduduk antara lain di wilayah :

Kecamatan Telukjambe Timur  yang meliputi : Perum Bintang Alam RW 11 dan RW 12 Desa Telukjambe Timur Kecamatan Telukjambe Timur,  rumah yang terendam banjir sekitar 600 unit, dengan ketinggian air 2 – 100 cm, saat ini warga dievakuasi di kantor pemasaran Perum Bintang Alam dan Masjid Al-Ikhlas Desa Sukakarya Kecamatan Telukjambe Timur. Perumahan Karaba Indah Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur, rumah yang masih terendam banjir sekitar 500 unit terdiri dari Rw 9 sekitar 300 rumah, Blok GG, SS, EE, FF, QQ, DD, CC, RR, Rw 10 sekitar : 200 rumah dan di Blok YA, YB, YC, YD, YE, XG, XH, XF dengan ketingian air 0 – 70 cm, warga saat ini mengungsi di Masjid dan depan ruko Perum Karaba.

Sedangkan Perumahan Pemda Desa Sukaharja Kecamatan Telukjambe Timur, rumah yang terendam banjir sekitar 100 unit dengan ketinggian air 50 cm. Perumnas Bumi Telukjambe Blok T rumah yang terkena banjir sekitar 40 unit, Blok U sebanyak 20 unit, saat ini warga mengungsi ketempat keluarga didepan gerbang perumahan dan untuk ketinggian air sudah mulai surut.

Perumahan  Peruri Blok A dan B Desa Sirnabaya Kecamatan Telukjambe Timur rumah yang terendam banjir sebanyak 48 unit dengan ketinggian air 40 Cm, saat ini warga di evakuasi ke masjid Raya Peruri Telukjambe dan ketinggian air mulai surut serta Dusun Sumedangan Rt. 01, Rt. 02, Rt.03, Rt. 04, Rt. 05, Rt. 06 dan Rt. 07 Desa Purwadana Kecamatan Telukjambe Timur, rumah yang terkena banjir sebanyak 863 unit, dengan ketinggian air 100 cm, saat ini warga di evakuasi di kantor Desa Purwadana.

Kecamatan Telukjambe Barat yang meliputi : Dusun Pangasinan Desa Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat Rt. 02/01, Rt. 01/01, Rt. 03/01 dan Rt. 04/01, ketinggian air 2 Meter. Dusun Kampek Desa  Karangligar Kecamatan Telukjambe Barat Rt. 05/01, Rt. 06/01 dan Rt. 07/01, ketinggian air 50 cm.

Adapun jumlah rumah yang terendam sebanyak 200 unit dan saat ini warga yang terkena banjir di evakuasi ketempat yang tidak terkena banjir.

Kecamatan Karawang Barat meliputi : Kampung Poponcol Kaler Kelurahan  Karawang Kulon dengan ketingian air 30-1,5 m, rumah yang terendam sebanyak 2000 unit dan saat ini warga di evakuasi di kantor Senibudaya Alun-alun Karawang. Kampung Benteng Kelurahan Tanjungmekar dengan ketinggian air 1-1,5 m, rumah yang terendam sebanyak 684 unit dan saat ini warga evakuasi di Jl. Raya Kupoh Tanjungpura dengan cara mendirikan tenda. Kampung Gempolrawa dan Gempolanjun Kelurahan Tanjungpura dengan ketingian air 60-1 m, rumah yang terendam sebanyak 684 unit dan saat ini warga evakuasi di Jl. Raya Tanjungpura dengan cara mendirikan tenda dan Kampung Adiarsa Pusaka Kelurahan Adiarsa Barat dengan ketinggian air 30-50 cm, rumah yang terendam sebanyak 200 unit dan saat ini air sudah mulai surut.

Kecamatan Batujaya meliputi : Dusun Segartanjung Rt. 10 a dan Rt. 10 b Desa Segaran Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang Lokasi Pertanian Padi Palawija Rt. 10 a Persemaian 7 Ha dan Tanaman 17 Ha, Rt.10 dan lokasi Persemaian 8 Ha serta Tanaman pertanian kurang lebih 10 Ha, rumah yang terendam sebanyak 88 rumah dengan ketinggian air 30-50 cm.

Sedangkan untuk Kecamatan Pakisjaya meliputi : Dusun Kendal Desa Telukjaya Kecamatan Pakisjaya ketinggian air 30-60 cm, rumah yang terendam sebanyak 97 unit dan 55 Ha sawah serta 10 Ha tanah kebun.

Guna mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas serta mengevakuasi warga yang terkena banjir pihak Kepolisian Resor Karawang telah menerjunkan kurang lebih 100 personil lengkap dengan perahu karet yang disebar di beberapa titik lokasi banjir.

( Humas ).

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLRES KARAWANG 2021