POLRES KARAWANG

Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 : Program Satu Hari Satu Juta Vaksin Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke 75

IMG-20210619-WA0007

POLRES KARAWANG – Polres Karawang Polda Jabar mengikuti Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 melalui aplikasi Zoom Meeting yang digelar Pusdalisis Mabes Polri, Jum’at (18/6/2021).

Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 yang digelar Pusdalisis Mabes Polri diikuti seluruh Polda dan Polres/Ta Jajaran, termasuk Polres Karawang bersama Polsek Jajaran Polres Karawang dilaksanakan di Ruang Vicon Sarja Arya Wacana Polres Karawang, sementara Polsek Jajaran Polres Karawang dilaksanakan di tempat kerja masing-masing.

Hadir dalam Rapat Koordinasi yang diikuti Polres Karawang, Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra, S.I.K., M.Si., M.H., Wakapolres Karawang KOMPOL Ahmad Faisal Pasaribu, S.H., S.I.K., M.H., Pejabat Utama Polres Karawang dan Paur Kes Polres Karawang Pengatur TK.I Mursih, A.M.Kep.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Pusdalisis Mabes Polri menyampaikan arahan terkait Kesiapan Polda dan Polres jajaran untuk kegiatan program 1 hari 1 juta vaksin pada hari Sabtu tanggal 26 Juni 2021 secara serentak dalam rangka HUT Bhayangkara ke 75.
Rencana akan dihadiri oleh Presiden RI I di salah satu kota besar “Jakarta, Bandung, Semarang atau Surabaya”. Satwil segera menyiapkan sarana Vicon untuk bisa menyaksikan Polda – Polda lain di satu lokasi kota besar pada saat kunjungan. Cek kesiapan dan pola distribusi vaksin ke sentra – sentra Vaksin agar tepat waktu. Kesiapan mobilitas massa dengan segenap kekuatan Sarpras yang dimiliki serta pendataan sasaran vaksin, pengaturan jam kedatangan, jalur vaksin dan sistem antrian agar tidak terjadi cluster Vaksinasi Masal. Laporan kesiapan satwil jajaran paling lambat hari Rabu tanggal 23 Juni 2021 kepada ASOPS KAPOLRI. Sasaran vaksinasi di wilayah Polda Jawa Barat adalah 6.781.022 vaksin dengan jumlah total seluruh Indonesia yaitu 40.349.049 vaksin. Target vaksinasi dari tanggal 08 s.d. tanggal 30 Juni 2021 yaitu 8.069.810 dengan sasaran usia 18 tahun ke atas. Adanya surat edaran dari Plt. Dirjen P2P kepada Dinkes Kab / Kota untuk percepatan vaksinasi CoVID-19 di wilayah Bodetabek dan Bandung Raya untuk :
a. Pemberian vaksin untuk 18 tahun keatas di wilayah Bodetabek dan Bandung Raya
b. Strategi vaksinasi di wilayah kerja.
c. Koordinasi Dinkes dengan TNI, Polri, Komunitas, Organisasi dan Swasta.

Sementara Polda Jabar dalam arahan menyampaikan Lakukan koordinasi dan sinergi dengan instansi terkait dalam rangka persiapan program 1 hari 1 juta vaksin. Untuk stock vaksin di Dinkes Kota / Kab cukup untuk pelaksanaan program 1 hari 1 juta vaksin, bilamana ada Kab / Kota yang kurang stock vaksinnya bisa melakukan koordinasi dengan Puskesmas. Jangan sampai pelaksanaan vaksinasi menjadi kontra produktif harus perhatikan protokol kesehatan pada saat vaksinasi. Tekhnis dan Tekhnik pelaksanaan 1 hari 1 juta Vaksinasi tolong diantisipasi untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan. Polres tidak mengambil massa dari Puskesmas melainkan Polres mengambil massa dari Komunitas maupun Organisasi.
Terimakasih untuk Polres Karawang dan Polres Subang yang sudah mengambil Vaksin dari Polda Jawa Barat.

Selesai mendapat arahan dari Pusdalisis Mabes Polri dan Polda Jabar, Kapolres Karawang AKBP Rama Samtama Putra memberikan arahan mengenai giat Vaksinasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Juni 2021, dengan teknis pelaksanaan di GOR Adiarsa dilaksanakan oleh PJU Polres dan Kapolsek Zona 1 dgn target vaksinasi 3000 orang, dgn rincian Sat Reskrim menyiapkan sebanyak 400 orang, Sat Lantas 400 orang, Sat Narkoba 300 orang, Sat Binmas 200 orang, Sat Sabhara 200 orang dan Sat Intel 300 orang. Untuk Polsek Zona 1, masing-masing per Polsek mengirim 200 orang, sehingga total dari Polsek Zona 1 menjadi 1200 org.

” Untuk Polsek yang lainnya melaksanakan Vaksinasi di Puskesmasnya masing-masing dengan target 100 orang per Puskesmas, Polsek yang mempunyai lebih dari 1 Puskesmas berarti bisa lebih dari 100 orang per Polseknya “, pungkas Rama.

Rapat Koordinasi Penanganan COVID-19 yang diikuti Polres Karawang dilaksanakan dalam keadaan tertib dengan penerapan protokol kesehatan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLRES KARAWANG 2021