POLRES KARAWANG

Sosialisai E-Tilang Oleh Sat Lantas Polres Karawang

POLRES KARAWANG – Bekerjasama dengan stasiun pemancar Radio Sturada, Kepolisian Resor (Polres) Karawang, Jawa Barat menggelar sosialisasi Elektonik Tilang (E-Tilang) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016.

Sosialisasi yang dibungkus melalui program talk show tersebut, diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai prosedur pelaksanaan penindakan dengan menggunakan E-Tilang dan PP Nomor 60 tahun 2016.

Kasatlantas Polres Karawang, Akp Rendy Setia Permana S.Ik menyebutkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan oleh unit Dikyasa Polres Karawang.

Menurut Rendy kegiatan sosialisasi dilakukan untuk  banyak masyarakat yang masih belum mengetahui tata cara dalam mekanisme pembayaran tilang dengan format eletrik tersebut. Selain itu pihak kepolisian menganggap, aplikasi ini dibuat dalam rangka percepatan proses hukum. Sehingga, masyarakat tidak perlu repot untuk mengikuti sidang tilang di pengadilan.

“Jika masyarakat yang wilayahnya jauh dan tidak mau mengikuti proses peradilan, maka dapat melakukan pembayaran melalui e-tilang,” katanya.

Selain itu, aplikasi ini dibuat untuk memberantas pungli yang kerap terjadi. Sebab, dengan adanya aplikasi ini untuk meminimalisir interaksi antara pelanggar dengan petugas di lapangan.

“Dendanya kan dibayarkan di bank melalui transfer sehingga tidak berhubungan langsung dengan petugas, petugas hanya menerima bukti transfer tilang guna mengambil barang bukti yang telah disita petugas,” ungkapnya.

(Smn.ss )

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram

POLRES KARAWANG 2021